Sabtu, 28 November 2009

Bill Gates : Kemampuan yang anda butuhkan untuk Sukses

Salah satu perubahan terbesar dalam 30 tahun terakhir ini dalah teknologi digital yang telah merubah hampir semua orang menjadi pekerja informasi.

Dalam hampir semua pekerjaan, orang-orang menggunakan perangkat lunak saat ini, untuk membuat tempat bekerja mereka menjadi lebih efisien.

Mulai dari dari pegawai toko eceran yang menggunakan scanner genggam untuk mengecek persediaan barang hingga direktur eksekutif yang menggunakan perangkat lunak intelegensia bisnis untuk mengetahui tren pasar yang kritis saat ini.

Jadi dimanapun anda melihat perkembangan dibuat dan dimana pun keuntungan kompetitif didapat, tak dapat diragukan lagi, kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak secara efektif adalah penting untuk berhasil dalam ekonomi berbasis pengetahuan saat ini.

Pengetahuan yang kuat dan dapat diterapkan tentang perangkat lunak produktifitas dan peralatan IT lainya telah menjadi landasan utama untuk bisa berhasil dalam hampir semua pekerjaan.

Namun, di luar itu, saya tidak berpikir anda bisa meremehkan untuk memiliki latar belakang yang bagus di bidang matematika dan ilmu pengetahuan.

Kalau anda melihat hal-hal paling menarik dalam satu dasawarsa terakhir –apakah itu sesuatu yang keren seperti pemutar musik genggam dan video games atau hal yang lebih praktis seperti smart phone dan teknologi kesehatan- semuanya berawal dari dunia ilmu pengetahuan dan teknik.

Kekuatan Perangkat Lunak

Saat ini dan di masa yang akan datang, banyak pekerjaan yang memiliki peranan besar akan berhubungan dengan perangkat lunak, apakah itu membuat perangkat lunak untuk perusahaan teknologi seperti Microsoft atau membantu perusahaan untuk menggunakan peralatan teknologi informasi agas bisa sukses.

Kemampuan berkomunikasi dan bekerja dengan baik dengan berbagai macam orang adalah juga sangat penting.

Banyak orang yang beranggapan bahwa pembuatan perangkat lunak adalah proses yang murni sendirian, dimana anda duduk di kantor dengan pintu terkunci seharian dan menulis banyak sekali kode.

Itu sama sekali tidak benar.

Inovasi perangkat lunak, seperti hampir semua jenis inovasi, membutuhkan kemampuan untuk bekerja sama dan berbagi ide dengan orang lain, dan untuk duduk dan bicara dengan pelanggan dan mendapatkan umpan balik mereka serta memahami kebutuhan mereka.

Saya juga sangat menghargai mereka yang memiliki semangat tinggi untuk terus belajar. Saat saya masih muda, saya punya kebiasaan untuk membaca banyak sekali buku.

Sangat bagus sekali untuk membaca banyak tentang berbagai hal. Tentu saja, saat ini jauh lebih mudah untuk kita online dan menemukan informasi tentang topik yang menarik untuk anda.

Memiliki rasa ingin tahu seperti itu tentang dunia membantu siapa pun untuk berhasil, tak peduli pekerjaan apa yang mereka putuskan ingin capai.


Nah, bisa disimpulakn ada tiga hal yang perlu dimiliki seseorang untuk sukses menurut Bill Gates: kemampuan dan pengetahuan tentang IT, kemapuan untuk berkomunikasi dan memahami orang dan yang terpenting adalah semangat belajar yang tak pernah berhenti.

Dan saya sangat sepakat, terutama untuk point kedua dan ketiga. Buat orang IT bukan cuma kemampuan coding tapi juga kemapuan untuk bisa memahami dan mengerti orang lain. Baik itu atasan, teman, kostumer maupun, well, cewek ^_^. Kalau tidak seumur hidup bisa notok jadi programmer dan gak naik2 pangkat. (atau bisa lebih parah lagi: seumur hidup bisa notok jadi programmer dan gak naik2 pangkat, dan gk punya jodoh ^_^).

Dan tentu saja , semangat belajar itu penting. Apalagi di dunia IT, setiap bulan bahkan setiap minggu ada produk serta teknologi baru yang diluncurkan. Kalau kita berhenti belajar, kita bisa tergerus arus perubahan. Makanya orang IT harus terus belajar dan menyesuikan diri dengan perubahan.

Dah gitu aja, semoga terjemahan dan posting saya ini bermanfaat.

Tidak ada komentar: